Sunday, February 26, 2017

Uji Cochran Menggunakan SPSS

Posted by statistik sains on Sunday, February 26, 2017
Sukai dan Bagikan Artikel ini :

Uji cochran digunakan pada pengujian statistik non-parametrik untuk sampel lebih dari 2 variabel, Uji ini mempunyai ciri tersendiri, dimana nilai yang digunakan dari suatu perlakuan hanya dinyatakan dalam 2 nilai yaitu 1=suka, 0=tidak suka, skala data yang digunakan untuk uji cochran yaitu skala nominal.
Contoh:
Sebuah perusahaan IT memproduksi tiga buah handphone terbarunya, handphone tersebut sebelum dipasarkan harus dinilai kinerjanya. Untuk mendapat nilai kinerja setiap handphone maka digunakan pekerja sebayak 10 orang untuk menilai ketiga handphone tersebut. Berikut data yang telah dikumpulkan.
Keterangan: 1=layak, 0= tidak layak
Pertanyaan: Manajer perusahan tersebut ingin mengetahui apakah ketiga produk handphone tersebut memberikan kinerja yang relatif sama?
Langkah-langkah menggunakan aplikasi SPPS
1. Buka aplikasi SPSS
2. Pada Variabel View, baris pertama ketik Handphone_A, baris kedua ketik Handphone_B, baris ketiga ketik Handphone_C. Pada kolom Decimals ketiga baris tersebut rubah angka 2 menjadi 0 (yang saya lingkar warna merah) sedangkan yang lain abaikan saja. Jika sudah di isi terlihat seperti gambar berikut:

3. Lalu klik Data View adanya disamping Variabel View. 
4. Isi data sesuai dengan soal yang telah diberikan, atau seperti gambar berikut:
5. Pada toolbar paling atas, silahkan klik Analyze---> Nonparametric Tests---> Legacy Dialog---> k Related Samples... jika sudah terlihat seperti gambar berikut:
 6. Pindahkan Handphone_A, Handphone_B, Handphone_C kedalam kota Test Variables:, lalu pada Test Type centang Cochran's Q, karena kita menggunakan uji Cochran's. Jika sudah di isi seperti gambar berikut:
7. Langkah terakhir klik OK. Berikut hasilnya
8. Analisis hasil
Hipotesis yang digunakan dalam kasus ini adalah:
H0= Tidak ada perbedaan kinerja handphone A, hondphone B, dan handphone C
H1 = Terdapat perbedaan kinerja handphone A, hondphone B, dan handphone C 

Pengujian statistik dalam pengambilan keputusan:
Jika Q hitung < Q tabel dan nilai sig > 0.05 maka terima H0
Jika Q hitung > Q tabel dan nilai sig < 0.05 maka tolak H0  

Note: Q = Chi-square 

Berdasarkan hasil yang diperoleh pada gambar Test Statistics, banyak anggota sampel (N=10) dan nilai Cochran's Q atau Q hitung 0.000, deviasi of freedom (df) 2, dan Asymp. Sig. 1.000. Sehingga dapat kita bandingkan Q hitung 0.000 dan Q tabel 0.1026 yaitu 0.000 < 0.2016 dan sig 1.000 > 0.005. Jadi terima H0.

Kesimpulan dari kasus perusahaan di atas adalah:
Tidak ada perbedaan kinerja handphone A, hondphone B, dan handphone C. atau dengan kata lain adalah sama.
  


 





Previous
« Prev Post

6 comments: