Friday, March 3, 2017

Uji Marginal Homogenity Menggunakan SPSS

Posted by statistik sains on Friday, March 3, 2017
Sukai dan Bagikan Artikel ini :

Uji Marginal Homogenity ini sebenarnya masih dalam satu paket Uji McNemar, cuma bedanya pada skala data yang digunakan, artinya bila skala datanya nominal (dikotomi) maka gunakanlah uji McNemar kunjungi pada alamat: Uji McNemar menggunakan SPSS. Sedangkan untuk skala data ordinal seperti ("suka", "kurang suka", "tidak suka") atau ("puas", "kurang puas", "tidak puas") atau dengan kata lain yang lebih dari 2 pilihan, untuk itu kita menggunakan Uji Marginal Homogenity. itu semua termasuk kedalam statistik nonparametrik.
Kali ini kita ambil contoh kasus sebelumnya pada uji McNemar, dimana pada uji tersebut hanya ada dua pilihan yaitu "suka" atau "tidak suka", namun pada kasus ini kita tambah satu lagi pilihannya yaitu "cukup suka". Jadi jumlah semua pilihan ada tiga yaitu: "suka", "cukup suka", atau "tidak suka"

Contoh kasus: 
Mahasiswa program studi A ingin menilai kinerja terhadap ketua himpunan selama ketua himpunannya masih menjabat sebagai ketua himpunan pada program studi tersebut. Sampel diambil sebanyak 20 mahasiswa untuk menilai sebelum dan sesudah terpilihnya ketua himpunan. Data yang digunakan berbentuk skala ordinal yaitu: suka, cukup suka atau tidak suka. Berikut hasil survei dari 20 mahasiswa
Hipotesis Penelitian:
H0: Tidak berbeda secara nyata sikap pemilih terhadap penilaian kinerja ketua himpunan sebelum dipilih dan sesudah dipilih.
H1: Berbeda secara nyata sikap pemilih terhadap penilaian kinerja ketua himpunan sebelum dipilih dan sesudah dipilih.

Kriteria Pengujian Statistik:
Jika nilai Signifikan > 0.05 maka H0 diterima
Jika nilai Signifikan < 0.05 Maka H0 ditolak

Ada dua langkah yang kita gunakan untuk proses data di atas, yang pertama data tersebut ditabulasikan silang (crosstabs) antara sebelum pemilihan dan sesudah pemilihan, yang kedua baru kita gunakan Marginal Homogenity untuk mendapatkan hasilnya. 

Langkah-langkah yang digunakan dengan SPSS:
1. Buka aplikasi SPSS yang sudah di install sampai muncul area kerja
2. Sebelah kiri sisi bawah ada dua pilihan yaitu: Data View dan Variabel View
3. Klik Variabel View untuk kita isi variabel dari data yang hendak di uji
4. Baris pertama pada kolom Name ketik Sebelum, pada kolom Decimal ketik 0, pada kolom Label ketik Sebelum dipilih, pada kolom Value posisikan mouse pada kolom baris tersebut dan klik sampai muncul kotak Value Labels seperti gambar berikut: 
5. Dari gambar di atas pada kolom Value ketik 1 dan pada Label ketik Suka lalu klik Add, kemudian isi lagi pada kolom Value ketik 2 dan pada Label ketik cukup suka lalu klik Add, lalu isi lagi pada kolom Value ketik 3 dan pada kolom Label ketik tidak suka, kemudian klik OK. atau seperti gambar berikut:
 6. Sedangkan untuk variabel sesudah langkahnya sama seperti pada langkah ke 4, hanya saja kolom Name dan kolom Label yang berbeda yaitu: Sesudah dan sesudah dipilih, sedangkan yang lainnya sama. Jika sudah di isi variabel sebelum dan sesudah sesuai dengan langkah di atas, maka terlihat hasil isiannya seperti pada gambar berikut:
7. Perhatikan pada sisi bawah sebelah kiri ada dua pilihan yaitu: Data View dan Variabel View. Lalu klik Data view untuk kita isi datanya. Sesuaikan dengan soal dimana 1=suka, 2=cukup suka, dan 3=Tidak suka, atau isiannya seperti pada gambar berikut:
8. Berikut cara menggunakan Crosstabs dan Marginal Homogenity untuk data dari variabel yang sudah kita isi sebelumnya, Ada dua langkah yaitu:

Langkah 1:
1.  Cari pada toolbar di atas yaitu menu Analyze ---> Descriptive Statistics ---> Crosstabs... lalu muncul kotak Crosstabs, kemudian pindahkan variabel Sebelum dipilih[Sebelum] kedalam kotak Row(s):, dan pindahkan variabel Sesudah dipilih[Sesudah] kedalam kotak Column(s):, atau contoh isiannya seperti pada gambar berikut:
2. Lalu klik OK. Hasil dari Crosstabs disimpan dulu, nanti kita analisis hasilnya setelah dapat hasil dari Marginal Homogenity

Langkah 2:
1. Pada langkah ini kita menggunakan uji Marginal Homogenity
2. Pada toolbar atas cari menu Analyze---> Nonparametric Tests---> Legacy Dialogs---> 2 Related Samples... sehingga muncul kotak Two-Relates-Samples Tests.
3. Pindahkan variabel Sebelum dipilih[Sebelum] kedalam kotak test pairs: tepatnya kedalam kotak variable1 dan pindahkan variabel Sesudah dipilih[Sesudah] kedalam kotak test pairs: tepatnya kedalam kotak variable2, lalu pada kotak Test Type centang Marginal Homogenity. atau isiannya terlihat seperti pada gambar berikut:
4. Langkah terakhir klik OK. 
5. Berikut hasil Crosstabs dan Marginal Homogenity.

 
6. Analisis hasil

Analisis tabel crosstabs
Dari tabel kontingensi atau tabel kekonsistenan di atas dapat kita ketahui bahwa sebelumnya yang memilih suka 3 orang dan tidak suka 2 orang lalu berubah sikap pemilih terhadap yang dipilih menjadi 5 orang atau cukup suka (baris ke 1 kolom 2). Kemudian sikap pemilih yang sebelumnya yang memilih suka 3 orang dan tidak suka 2 orang jadi berubah yang sebelumnya cukup suka ada 5 orang setelah terpilih maka berubah sikap pemilih menjadi 0 (baris ke 2 kolom 2). Lalu sikap pemilih yang sebelumnya memilih suka 2 orang, tidak suka 2 orang, jadi berubah sikap menjadi  0 cukup suka (baris ke 3 kolom 2). Jadi sikap pemilih pada kasus ini selalu berubah, tetapi terjadi perubahan beda tipis antara jumlah suka 8 orang, tidak suka 7 orang dan cukup suka 5 orang.

Analisis tabel Marginal Homogenity Test
Dari tabel di atas bisa kita lihat bahwa pada nilai Asymp. Sig. (2-tailed) diperoleh 0.433. Berdasarkan kriteria pengujian statistik: Jika nilai Signifikan > 0.05 maka H0 diterima, Jadi 0.433 > 0.05 berarti dalam hal ini H0 diterima.

Kesimpulan:
Tidak berbeda secara nyata sikap pemilih terhadap penilaian kinerja ketua himpunan sebelum dan sesudah dipilih. atau dalam artian lain selama menjabat sebagai ketua himpunan kepercayaan mahasiswa berkurang dikarenakan mungkin saja kinerjanya yang kurang baik. Hasil ini sama dengan uji McNemar sebelumnya, dapat kita lihat pada Uji McNemar menggunakan SPSS  







Previous
« Prev Post

2 comments:

  1. Anda Kebingungan Dan Kesulitan Menyelesaikan Skripsi, Tesis, Disertasi
    Karena Pusing Mikirin Olah Data Analisis Statistika Dengan SPSS, AMOS
    LISREL, EVIEWS, SMARTPLS, DEA
    Serahkan Dan Percaya Kepada Kami.
    Kami Siap Bantu Anda.
    Olah Data Semarang (Timbul Widodo)
    WA : +62 852-2774-6673
    IG : olahdatasemarang

    ReplyDelete
  2. Olah Data Semarang
    Jasa Olah Data SPSS, AMOS, LISREL, Frontier 4.1
    EVIEWS, SMARTPLS, STATA, DEAP 2.1, DLL
    Contact Person WhatsApp
    Klik Link Dibawah
    Contact Person WhatsApp +6285227746673

    ReplyDelete