Tuesday, August 29, 2017

Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Menggunakan SPSS

Posted by statistik sains on Tuesday, August 29, 2017
Sukai dan Bagikan Artikel ini :

Biasanya seorang peneliti untuk memperoleh data penelitiannya diperlukan suatu alat pengumpul data atau disebut dengan instrumen penelitian, intrumen penelitian tersebut bermacam-macam, ada yang berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), ada juga berupa angket atau kuesioner yang isinya butir pertanyaan yang dapat dijawab oleh responden. Jadi sebelum angket atau kuesioner tersebut dibagikan ke responden, terlebih dulu di uji validitas dan reliabilitas kuesioner.
Uji Validitas dan reliabilitas merupakan salah satu uji yang digunakan untuk menguji tingkat kevalidan butir kuesioner dan seberapa besar hasil pengukuran kuesioner peneliti dapat dipercaya. 

Uji Validitas 
1. taraf kepercayaan (sig 5%) atau tergantung peneliti
2. apabila nilai r hitung >= r tabel maka butir kuesioner yang dimaksud valid
3. apabila nilai r hitung <= r tabel maka butir kuesioner yang dimaksud tidak valid 

Uji Reliabilitas
untuk pengukuran kehandalan kuesioner mengacu pada tabel berikut
Contoh
Seorang peneliti melakukan penelitian di perushaan A ingin mengetahui seberapa besar hubungan kepemimpinan perusahaan terhadap kinerja karyawan.

Dalam hal ini, peneliti harus mempersiapkan dua buah kuesioner, yang pertama kepemimpinan  perusahaan dan yang kedua kinerja karyawan. faktor pengukuran biasanya berbeda-beda tergantung peneliti apa yang hendak di ukur dan alternatif jawaban tergantung skala yang peneliti gunakan. Kuesioner sebelum benar-benar diedarkan ke semua reponden, alangkah baiknya berikan dulu ke beberapa reponden (katakanlah 10 orang bila jumlah respondennya ada 30 atau disesuaikan saja) untuk uji coba, tujuannya bila nantinya kuesioner tersebut diberikan ke semua responden paling tidak jawabannya mirip-mirip, dan kevalidan butir pertanyaan dan reliebelnya kuesioner dapat dipercaya.

Contoh kuesioner untuk kepemimpinan perusahaan diberikan 5 alternatif jawaban setiap butir pertanyaan yaitu: 
1. Apakah pemimpin perusahaan melakukan monev setiap bulan?
     1. Selalu
     2. Pernah
     3. Kadang-kadan
     4. Sering
     5. Tidak pernah
2. Apakah pemimpinan perusahaan menghargai hasil kinerja karyawan
     1. Selalu
     2. Pernah
     3. Kadang-kadang
     4. Sering
     5. Tidak pernah
dan seterusnya...

Contoh kuesioner untuk karyawan perusahaan diberikan 5 alternatif jawaban setiap butir pertanyaan yaitu:
1. Apakah gaji yang diterima cukup untuk kebutuhan keluarga
    1. Sangat cukup
    2. Cukup
    3. Kurang cukup
    4. Tidak cukup
    5. Sangat tidak cukup
2. Apakah jam istirahat cukup untuk kinerja karyawan
    1. Sangat cukup
    2. Cukup
    3. Kurang cukup
    4. Tidak cukup
    5. Sangat tidak cukup
dan seterusnya...

Tahap berikutnya uji validitas dan reliabilitas kuesioner dapat menggunakan SPSS. 

Langkah-langkah uji validitas
1. Buka aplikasi SPSS yang telah di install sebelumnya
2. Bila sudah muncul area kerja SPSS, lalu dibilah kiri bawah klik Variabel View untuk menginput variabel kuesioner, atau seperti pada gambar berikut:
keterangan: 
x1 sampai dengan  x7 itu merupakan butir pertanyaan, type numerik (karena nilainya numerik berupa bilangan bulat yang di mulai dari 1) ikuti saja seperti gambar di atas.
3. Berikutnya dibilah kiri bawah disamping Variabel Viev klik Data View untuk kita input data, seperti gambar berikut:
Keterangan:
x1 sampai dengan x7 merupakan alternatif jawaban setiap butir pertanyaan yang telah dijawab oleh responden, sedangkan 1 sampai dengan 15 banyaknya responden, dan total itu jumlah dari setiap item perbaris.
4.Pada tahap ini kita akan uji validitas butir pertanyaan dengan cara: pada menu toolbar paling atas pilih Analyze---> Correlate---> Bivariate, sehingga muncul kotak Bivariate Correlation, atau seperti pada gambar berikut:
5. Selanjutnya pindahkan semua item x1 sampai dengan x7 berserta total ke dalam kotak Variables:, lalu pada Correlation coefficients centang Pearson, pada test significance pilih two-tailed, lalu centang Flag significant correlations, Lalu klik OK, seperti gambar berikut:
6. Tahap analisis butir pertanyaan:
Tinjau hasil berikut ini
Hasil di atas dapat menunjukkan tingkat korelasi tinggi atau lemah hubungan setiap item. untuk mengetahui bagaimana angka hubungan tersebut, sebelumnya kita sudah tahu bahwa jumlah responden 15, jadi rumusnya n-2 = 15-2= 13, selanjutnya lihat tabel r (bisa dicari saja dibuku-buku statistik tabel r nya), dengan menggunakan taraf nyata 5% (0.05) diperoleh nilai r tabel= 0.5140. nilai tersebut menjadi patokan dimana nilai hasil korelasi tidak boleh rendah dari nilai r tabel tersebut. 
Kalau kita tinjau dari hasil semua item di atas sangat bagus sekali, dimana semua korelasinya tinggi (dapat ditandai dengan adanya tanda ** pada setiap item). seperti item x1 dan item x2 artinya jika pemimpin perusahaan bila benar-benar melakukan monev setiap bulan, maka kinerja karyawan yang diketahui oleh pemimpin tersebut semakin tinggi (jadi nilai korelasi di sini sebesar 0.853**) dimana nilai tersebut tergolong sangat kuat dan seterusnya.  sedangkan output berdiagonal 1 bisa di abaikan saja, itu bisa terjadi antar variabel yang sama atau tidak memberikan pengaruh apa-apa terhadap variabel itu sendiri, jadi tidak mempunyai analisis tertentu pada nilai tersebut.

Note:
Pada bagian kolom Total (yang diberi tanda merah) tidak perlu di analisis, karena di sini kita fokus validitas dan reliabilitas saja.

Langkah-langkah uji reliabilitas
1. Langkah 1 sampai dengan langkah 3 sama seperti di atas, hanya pada langkah 4 dan seterusnya yang berbeda
2. Pada tahap ini kita akan uji reliabilitas kuesioner dengan cara: pada menu toolbar paling atas pilih Analyze---> Scale---> Reliability Analysis, sehingga muncul kotak Reliability Analysis, atau seperti pada gambar berikut:
3. Selanjutnya pindah item x1 sampai dengan x7 (tidak termasuk total) yang ada pada kotak sebelah kiri ke kotak items: sebelah kanan, lalu klik OK, atau seperti gambar berikut:

 4. Analisis hasil reliabilitas
Hasil di atas pada tabel Case Processing Summary dapat diketahui bahwa Cases valid semua responden (15) atau 100%, artinya semua valid, jadi tidak ada yang dikeluarkan (Excluded a) sehingga jumlah total 15 atau 100%. 
Pada tabel Reliability Statistics pada kolom Cronbach's Aplha diperoleh dengan banyak item 7 per koesioner dan jumlah responden 15 orang diperoleh nilai korelasi sebesar 0.967. Nilai ini sungguh sangat bagus sekali atau tergolong sangat kuat
Jadi dapat disimpulkan bahwa kuesioner tersebut sudah bisa dibagikan ke responden, karena hasil pengukurannya sudah dapat dipercaya berdasarkan nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0.967.

Sedangkan untuk kuesioner kinerja karyawan sama langkahnya seperti kuesiner kepemimpinan perusahaan.

Bila ada saran atau pertanyaan sangat di tunggu










































Newest
You are reading the newest post

12 comments:

  1. mas saya mau tanya, data kuisioner untuk perhitungan validitas dan reabilitas di dapat dari kuisioner data sampel?

    ReplyDelete
  2. Mohon izin saya bertanya
    Berdasarkan contoh angket yang ditampilkan di atas, alternatif jawabannya adalah sikap, ini menggunakan Likert, sehingga termasuk kategori skala Data Ordinal. Apakah data ordinal bisa di uji validitas nya dengan korelasi Pearson Product Moment? Yang saya ketahui, Data Ordinal bisa diuji korelasinya dengan Rank Spearmen atau dengan Kendall Tau. Sedangkan uji korelasi Pearson hanya bisa dilakukan untuk data interval. Sehingga data ordinal di atas seharusnya dinaikan derajatnya dulu menjadi data interval dengan Method of Succesive Interval. Setelah itu baru diuji dengan korelasi Pearson Product Moment. Mohon pencerahan nya. Terima kasih.

    Dedi Sukarno

    dedi.sukarno@unpad.ac.id

    ReplyDelete
  3. Olah Data Online
    Perkenalkan kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengolahan data statistik untuk keperluan tugas akhir seperti Skripsi, Tesis dan Disertasi maupun untuk karya ilmiah yang menggunakan perhitungan statistik. Tim kami merupakan lulusan dari beberapa perguruan tinggi yang cukup profesional dalam bidang olah data statistik dan kami telah berpengalaman sejak tahun 2013 dalam bidang olah data statistik. Klien kami sangat banyak dari berbagai perguruan baik PTN maupun PTS. Kepuasan Konsumen terutama dalam hal selesainya tugas akhir dengan cepat dan tepat adalah salah satu dari visi perusahaan kami.
    Hubungi kami via SMS/WA 08527746673 dan Email bisnis.blog1976@gmail.com untuk jasa pengolahan data - olah data SPSS, Eviews, AMOS, Lisrel dan Smart PLS untuk skripsi, tesis dan disertasi atau untuk penelitian terapan di perusahaan dan kementerian.
    Olah Data Semarang
    Olah Data Online Se-Indonesia
    Kami berbagi, kami membantu, kami bekerja, mari datang ke kami, sistem kami kekeluargaan

    ReplyDelete
  4. Izin bertanya kalo sumber dari intervalnya dari mana ya mas

    ReplyDelete
  5. Jika dari data angket
    ingin uji korelasi dibagaimankan ya mas ?

    ReplyDelete
  6. Olah Data Semarang
    Jasa Olah Data SPSS, AMOS, LISREL
    EVIEWS, SMARTPLS, DLL
    Contact Person WhatsApp
    Klik Link Dibawah
    https://s.id/OlahDataSemarang

    ReplyDelete
  7. kenapa di kolom total tidak ada hasilnya ya?

    ReplyDelete
  8. Mas kalau metode event study bisa tidak ya di uji validitas dan reabilitas

    ReplyDelete
  9. Sgat manfaaat postingannya gan. Lama nyari2 akhirx ktemu juga.

    ReplyDelete
  10. Mas Guntur, data itu bukan dari responden sebagai sampel tapi dari responden uji coba. Responden uji coba harus diupayakan memiliki karakteristik yang hampir sama dengan responden yang akan digunakan untuk pengambilan data (responden sampel)

    ReplyDelete
  11. izin bertanya, kalau jawabannya :
    a. ya
    b. kadang - kadang
    c. tidak
    kira kira metode apa yang bisa digunakan untuk mencari validitas dan riliabilitas datanya ?

    terimakasih.

    ReplyDelete